16 Juni 2010

Mengasah kematangan si usia 2-3 tahun


"Umar mau sekolah doong.." kata umar sambil menunjukkan keseriusannya.
I: "ntar umar nangis ga?"
U: "engga"
I: "ntar kalau mau pipis sama mau ee gimana?"
U: "buu.. pipis"
I: "umar bisa bilangnya?"
U: "bisa!"
I: "nanti umar bosen lagi, disuruh sekolah ga mau terus nangis"
U: "engga"
I: "iya deh, nanti ibu daftarin sekolah ya"
U: "iya. umar sekolah ya bu?"
I: "iya"

Karena ingat muka umar yang memelas minta sekolah, akhirnya tanya sana-sini deh.
Nanya ke TPA dekat rumah: .."minimal 4 tahun bu, nanti repot kalau pipis" "umar udah bisa pipis di kamar mandi kok, udah bisa bilangnya juga".. "mending ke PAUD aja deh bu, masih kekecilan"

Ya udah, nanya2 PAUD di bu erwe deh. "minimal 3 tahun" katanya. Tapi kalau diliat2 kegiatan di PAUD, kayaknya bisa dilakukan di rumah deh. Umar yang baru 2 tahun, mungkin emang masih terlalu kecil buat sekolah. Tapi bukan berarti kekecilan buat belajar khaan.

Akhirnya browsing deh nyari2 info permainan yang mendidik. Berikut ini hasil hunting artikel di internet.



belajar membaca dan menulis untuk anak 2-3 tahun

http://yudhistira31.wordpress.com
Main yang mendukung keaksaraan untuk anak usia 2-3 tahun :
* Bernyanyi lagu dengan irama sederhana yang diulang-ulang disertai gerakan sederhana
* membacakan buku yang sudah dikenal anak
* bertepuk tangan dengan ritme berulang, misalnya plok plok- plok plok plok, plok plok-plok
* bermain tepuk tangan sambil menyebutkan nama anak, misalnya : A-ni-ta, A-ni, Mar-li-na, Sa-e-ful, dst
* merangkai dengan berbagai bentuk
* melibatkan anak saat membereskan mainan yang sudah digunakannya untuk mengenal klasifikasi
* bernyanyi dengan gerak dan irama sederhana, dilakukan berulang-ulang
* membaca buku bersama anak secara berulang terus menerus
* puzle bentuk
* meronce
* menghadirkan buku-buku yang palingdisukai anak

Kegiatan yang mendukung kemampuan menulis anak 2- 3 tahun :
* membuat coretan pada kertas besar dengan crayon atau spidol
* membuat coretan dengan batang kayu di tanah atau pasir
* melukis dengan cat jari
* menjepit biji-bijian atau buah-buahan terbuat dari kayu dengan wadah dan penjepit
* mengocok air sabun dengan alat pengocok telur
* meremas : daun, koran bekas, parutan kepala, ublek, tanah lempung, playdough, dll
* mencetak playdough, tanah liat, pasir basah dengan cetakan huruf
* Kegiatan menggunting : kertas bekas dengan berbagai ketebalan, daun atau bahan lainnya


MAINAN ANAK 2-3 TAHUN

http://mommygadget.com
Kemampuan anak semakin matang. Kegiatan sebelumnya tetap mengasyikkan buat si kecil. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan stimulan dengan:
* aktivitas bersama. Membaca buku bersama, mengerjakan pekerjaan rumah, berolahraga, dll
* menulis di pasir. Berikan batang kayu sebagai alatnya
* membuat gelembung sabun. Biarkan anak yang mengocok air sabunnya dengan pengocok telur
* playdough. Ajari anak cara membuat bulatan, lempengan, gulungan, dan mulailah menyusun
* menggunting. Berikan kertas bekas daun atau bahan lainnya dengan berbagai ketebalan
* menggambar bentuk. Mulailah dengan mengajarkan menggambar lingkaran, kemudian tambahkan mata dan senyum, lalu lanjutkan dengan bentuk-bentuk lain yang sederhana, sudah dikenal dan menarik bagi anak
* melompat. Alangkah menyenangkannya aktivitas ini. Anda bisa menyediakan halangan kecil untuk dilompati atau sekedar membiarkannya berlompatan di atas ranjang
* berdiri dengan 1 kaki. Dia bisa melakukannya untuk beberapa detik
* bercerita. Bimbinglah anak bercerita pada orang di sekitarnya tentang hal-hal yang baru saja dialaminya. Yang sederhana seperti sarapan paginya, atau yang istimewa seperti acara jalan-jalan dan berliburnya
* kenalkan arah. Kanan, kiri, atas, bawah, depan dan belakang. Anda bisa mengajarkannya setiap saat. Saat menunjukkan tempat mainan yang dicarinya, saat menyusuri jalan dll
* rumah-rumahan. Anda bisa menggunakan kolong meja atau sprei yang dijadikan tenda. Lengkapi dengan perabotan tiruan untuk memperkaya imajinasinya
* berhitung. Perkenalkan angka 1-5. Jika ia mampu menyebutkan secara urut dan mengenali tiap lambangnya, Anda bisa melanjutkan hingga 10
* meronce. Sediakan aneka bentuk dan warna dan beritahu cara memasukkan benang ke lubang masing-masing benda tersebut
* bermain dengan teman. Si kecil menunjukkan minatnya pada anak lain. Dia menjadi lebih kooperatif dalam bermain dengan anak lainnya. Dia menyukai bermain dengan mereka. Ajarkan cara berbagi, bergiliran, meminjam barang dan bermain bersama
* mengenali jenis kelamin. Sampaikan padanya apakah dia laki-laki/ perempuan, bagaimana cara mengenali seseorang laki-laki/ perempuan. Anda bisa memulianya dengan memperkenalkan sebutan yang berbeda untuk laki-laki dan perempuan. Misalnya ada ayah dan ibu, kakek dan nenek, om dan tante dll
* sepeda roda 3. Dia sudah dapat mengayuh di usia ini

0 komentar:

Posting Komentar

 

blognya nia kaniawati Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino